Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Warnai Trend Startup, Startup Weekend Pertama di Pekanbaru

Dengan meningkatnya perkembangan teknologi saat ini, menjadi peluang bagi kota Pekanbaru untuk mewujudkan tujuan sebagai kota Pekanbaru Smartcity Madani. Perlu kita ketahui dalam mewujudkan program Smartcity Madani ini, ada 6 pilar utama yang menjadi prioritas dalam pengembangannya diantaranya yaitu: Smart Govermance (Tata Kelola Pemerintah yang Pintar, Smart People (Penduduk yang Pintar), Smart Economy (ekonomi yang pintar), Smart Environment (lingkungan yang pintar), Smart Living (kehidupan yang pintar), dan Smart Mobility (mobilitas yang pintar).

Mendukung hal tersebut, Meetup Coworking & Office Space hadir sebagai Coworking Space pertama di Kota Pekanbaru yang diharapkan bisa menjadi wadah kolaborasi untuk para pelaku industri kreatif, komunitas, perusahaan dan pemerintahan di Kota Pekanbaru. Meetup Coworking & Office sebagai wadah kolaborasi bagi para pelaku industri kreatif, Meetup Coworking Space mengadakan event yang berkelanjutan seperti Startup Weekend Indonesia. Berbicara mengenai generasi muda di Indonesia saat ini, kerap diidentikan dengan startup yang akan menjadi motor penggerak ekonomi bangsa. Sekitar 26 persen dari total populasi Indonesia berada pada kelompok usia muda dan produktif dengan kisaran umur 22-37 tahun yang pada umumnya sudah tidak asing lagi dengan teknologi digital. Kelompok ini sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi wirausahawan dengan memanfaatkan peluang ekonomi digital.

Untuk mendorong lebih banyak wirausaha di kalangan generasi muda, pada tanggal 27 hingga 29 September 2019, Meetup Coworking Space yang berkolaborasi dengan Yours Truly Event Planner dan Organizer menghadirkan Startup Weekend Indonesia di kota Pekanbaru. Program ini berjalan di 10 kota besar yang ada di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Malang, Semarang, Bali, Manado, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Palembang dimana pada acara ini akan mempertemukan orang-orang yang memiliki talenta di berbagai bidang untuk bertukar pikiran dan ide, membentuk tim, membangun produk, dan meluncurkan sebuah startup dalam waktu 54 jam.

startup-2

 

Mentor yang dihadirkan memiliki berbagai latar belakang yang berbeda untuk memberikan peserta lebih banyak sudut pandang dalam membangun startup. Kegiatan Startup Weekend ini dideskripsikan pada hari pertama yaitu Jumat, diawali dengan pengenalan team, speaker, mentor dan judges oleh Shiella Priscilla Kemudian dilanjutkan dengan half bake session, setelah itu Arseto dari Ruang Kreasi Batam membawakan seminar mengenai Startup dan Dian Ekaputra dari Ekaputrafoods membawakan seminar mengenai Success Story. Selanjutnya dilakukan pitching, dimana masing-masing orang menuliskan ide Startup yang akan dibangun, dan mempresentasikan di hadapan peserta dalam waktu 1 menit mengenai idenya. Setelah presentasi, dilakukan sesi voting ide terbaik dan dibentuklah tim-tim dengan total 7 tim yang akan mengeksekusikan startup masing-masing tim pada hari besoknya.

Hari kedua, ketika membangun startup terdapat hal-hal penting yang harus dikuasi tim untuk membangun startupnya masing-masing. Oleh karena itu, peserta mendapatkan materi-materi yang nantinya dapat dieksekusi secara langsung, diantaranya adalah seminar mengenai BMC atau Business Modal Canvas dari Indra (CEO navanti holdings Indonesia) selanjutnya juga ada seminar mengenai Market Validation oleh Mufid Luthfi dari IDCloudHost, kemudian seminar mengenai Prototype oleh Arseto dari Ruang Kreasi Batam dan juga seminar mengenai Design and Branding oleh Ghani Wal Arif dari Creartchief Lab. Setelah itu masing-masing tim melakukan eksekusi dan Coching oleh para mentor-mentor. Setiap tim mendapatkan kesempatan dilatih oleh mentor-mentor yang ahli dalam bidangnya.

Setelah dua hari mendapatkan materi-materi untuk membangun sebuah startup, tim telah melakukan eksekusi dan mendapatkan coaching dari para mentor mengenai ide startupnya masing-masing, dihari ketiga tim akan melakukan final presentation dihadapan peserta dan judges! MinUp mau menceritakan sedikit nih, keseruannya. Peserta Startup Weekend Indonesia mendapatkan materi seminar mengenai Public Speaking oleh Om Dyas, materi ini diperlukan sebagai persiapan tim yang nantinya akan melakukan Final Presentation. Setelah itu dilakukan GR, tim akan mempresentasikan dihadapan para mentor sekaligus mendapatkan evaluasi langsung dari para mentor, setelah itu tim mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki materi dari presentasinya.

startup-3

Tepat pukul 13.30 WIB, final presentation dimulai! Peserta dengan bersemangat mempresentasikan ide startupnya di hadapan judges dan peserta, kemudian dilakukan tanya-jawab antara tim dengan judges. Setelah final presentation berakhir, penilaian oleh judges dilakukan sehingga didapatkan hasil juara favorite adalah tim Foodlity, juara kedua adalah tim doctor.id dan juara pertama adalah tim Let it Out.

Nah, seperti itulah keseruan event Startup Weekend #1 Chapter Pekanbaru. Eits, jangan khawatir bagi yang belum sempet ikutan dan mau banget ikutan! tunggu informasi batch #2 dari kami atau follow instagram @startupweekend_pku. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoneksikan para peserta yang memiliki keahlian yang berbeda untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui startup digital, memberikan peserta kiat-kiat menjadi seorang founder yang harus berani memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya, mengajarkan peserta untuk bisa merasakan apa saja yang diperlukan dalam membuat sebuah startup, membuat peserta menyelesaikan ide startupnya dalam waktu 54 jam.

 

Tags