Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content
Penyampaian materi oleh bapak Reski Mai Candra, ST, M.Sc

How to Become UX Researchers

Sabtu, 24 Agustus 2019 telah diselenggarakannya event dari UXID Pekanbaru dan Startup Pekanbaru di Meetup Co-working & Office Space dengan materi "How to Become UX Researchers" dimana pemateri tersebut adalah bapak Reski Mai Candra, ST, M.Sc yang merupakan salah satu dosen UIN Suska Riau.

Apa itu UX dan USD dan apa perbedaannya?

UX (User Experience) merujuk kepada perspektif, pikiran, dan perasaan users dalam menggunakan digital produk, sementara UXD (User Experience Design) adalah sebuah proses menciptakan produk digital yang berkisar di sekitar asumsi yang terus-menerus dan memvalidasi melalui penelitian user.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan UX Researcher diantaranya adalah memahami behavior (tingkah laku), feeling (perasaan), experience (pengalaman) dari user, melakukan penelitian MIX Metode (qualitative dan quantitave research metode), memahami "mental model", mempelajari competitor analisis, dan membuat user persona.

Untuk menjadi seorang UX Researcher, tidak perlu gelar khusus untuk menjadi peneliti UX, tetapi harus memiliki pengalaman dengan teknologi dan pemahaman tentang perilaku orang. Latar belakang umum termasuk, tetapi tidak terbatas pada psikologi, antropologi, sosiologi, pemasaran, dan komunikasi serta ilmu informasi.

Bagaimana caranya masuk ke dalam riset UX, yaitu dengan mulai membaca hasil project UX sebanyak mungkin dan 65% UX Researcher dan UX Designer adalah otodidak.

Selanjutnya, skill apasih yang dibutuhkan untuk menjadi UX Researcher? yaitu:

a) Memiliki pengalaman dalam bidang terkait

b) Bersifat analitis dan kemampuan berkomunikasi

c) Bekerja secara kolaboratif dengan tim lain

d) Mengidentifikasi pola dan tren

e) Dapat mendefinisikan dan memecahkan masalah

f) Memahami proses desain

 

Nah jadi, UX adalah bidang yang berkembang dan menguntungkan. Sementara UX Designer lebih peduli dengan hasil akhir proyek yang dihadapi konsumen, dan juga seorang UX Researcher berfokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Cara terbaik untuk masuk ke lapangan adalah dengan membenamkan diri anda, baca sebanyak mungkin tentang topik, berkomunikasi dengan orang-orang di lapangan, dan sukarela dalam proyek-proyek untuk membangun portofolio. -ptr

 

CONNECT, COLLABORATE, CREATE

Meetup Coworking Office Space

Jalan Todak No 18

Email : [email protected]

Instagram : @meetup.co.id