Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Enam Hal Positif Yang Bisa Dilakukan Sebelum Pulang Kerja

         Apakah Anda tipe pegawai “teng-go” yang jam lima atau enam sore tepat langsung go? Tidak apa-apa, tidak ada yang salah dengan efisiensi waktu Anda. Namun jika pekerjaan Anda sudah beres sekitar beberapa menit, setengah jam, atau satu jam sebelum waktu pulang, daripada termangu menatap jam, coba lakukan salah satu kegiatan ini untuk menutup hari dengan baik.

1. Periksa To Do List

   Apakah Anda sudah menyelesaikan semua porsi pekerjaan yang Anda jadwalkan untuk hari ini? Setelah yakin sudah membereskan semuanya, pikirkan tentang apa saja yang ingin Anda capai besok dan buat to do list baru agar Anda senantiasa fokus dengan tugas, tidak keteteran karena deadline, dan mencapai goals Anda dalam sehari.

2. Melakukan Recap

   Nah, jika Anda telah mencatat kewajiban Anda dalam to do list, kini saatnya untuk memikirkan mengenai langkah-langkah yang Anda ambil dalam sehari beserta kesalahan dan keberhasilan yang telah Anda capai. Kegiatan ini bukan bertujuan untuk membuat Anda cepat puas dengan prestasi Anda atau stress karena terus terpaku pada kesalahan, namun melakukan hal kecil ini akan membantu Anda memproses kegagalan dan pencapaian Anda. Di satu sisi, Anda dapat membangun kepercayaan diri Anda, di sisi lain Anda dapat menghindari kesalahan serupa di masa depan.

3. Membereskan Meja Kerja

  Rapikan dokumen yang berceceran, simpan barang-barang kecil yang tersebar di meja Anda, pokoknya jangan meninggalkan meja Anda acak-acakan sebelum Anda melangkah keluar. Lagipula, jika ditinggalkan berantakan, besoknya Anda masih harus membuang waktu ngopi berharga di pagi hari untuk membereskannya.

4. Menyelesaikan Pekerjaan Kecil
  Ada sedikit waktu luang lagi? Kerjakan tugas-tugas kecil yang tidak bisa Anda lakukan saat sibuk, semisal membalas email, menghubungi klien untuk follow up, dan lainnya. Dengan begitu, lebih sedikit hal yang harus Anda lakukan besok atau di hari Senin, bukan? Namun jika sudah tiba waktunya untuk keluar kantor, jangan malah terjebak membalas. Ada waktu untuk segalanya dan waktu Anda di kantor sudah habis.

5. Ucapkan Selamat Tinggal
   Akhirnya, pulang! Sebelum Anda melesat keluar, gunakan sedikit waktu untuk menyapa kolega dan atasan. Walau terasa remeh, aktivitas ini akan membangun kedekatan dan keakraban tim yang baik, terlebih jika Anda menduduki posisi manajemen. Alih-alih langsung menghilang begitu saja, coba untuk tersenyum dan katakan selamat tinggal pada mereka yang Anda temui sepanjang jalan keluar, termasuk pihak security jika ada.

6. Tinggalkan Mental Bekerja
  Jika sudah tiba waktunya untuk pulang, pulanglah. Yakinkan diri Anda kalau Anda telah melakukan tugas Anda untuk sehari dan ini saatnya untuk melepas beban kerja. Mungkin Anda dapat melakukannya secara simbolis dengan sign out dari email kantor Anda atau bahkan mematikan ponsel.

 

Sumber: Qerja.com