Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

COWORKING, OFFICE SPACE DAN KOLABORASI

Pekanbaru merupakan salah satu kota dengan berbagai perbedaan dengan keunggulan yang beragam dan menjadi salah satu kota industri kreatif. Selain itu juga, Pekanbaru saat ini sedang menuju untuk menjadi salah satu kota dengan visi dan misi menjadi Kota Pekanbaru Smart City. Oleh karena itu, meetup coworking and office space hadir sebagai salah satu coworking space pertama di Pekanbaru. Tempat ini bisa menjadi wadah kolaborasi untuk para pelaku industri kreatif, perusahaan dan pemerintah.

Coworking space merupakan ruang kerja bersama dimana para pengguna dapat bekerja sama, berdiskusi, berbagi serta melakukan aktifitas lainnya. Hal ini sangat memungkinkan terjadinya kolaborasi atau kerja sama antar sesama pengguna. Meet up Coworking and Space juga menyediakan fasilitas cowroking area, meeting room, private office, dan juga event space yang dapat di sewa dengan harga terjangkau.

Meetup coworking and office space dibentuk Shiella Pricila, perempuan lulusan Australia ini menjelaskan keputusannya untuk membangun meetup karena ingin memberikan dampak positif dan membuat perubahan untuk kota Pekanbaru. “Aku pengen mengerjakan sesuatu yang memberikan impact buat orang lain dan daerah asal aku. Aku ingin memberikan value yang berbeda,” ungkap Shiella.

Penggunaan coworking saat ini muncul sebagai alternatif dari ruangan gedung perkantoran yang relatif mahal. Coworking space memiliki keuntungan yang dibutuhkan dalam berbisnis yang saat ini sangat penting. Beberapa perusahaan start up juga pernah menggunakan meetup sebagai salah satu alternatif untuk meeting dan pertemuan lainnya. Tidak hanya itu, meetup juga sering melakukan event dan kelas kelas secara rutin.

Menurut shiella, perkembangan industri kreatif di Kota Pekanbaru masih banyak sekali yang harus dibenahi. Jika dibandingkan dengan kota lain, Pekanbaru baru saja mulai mensosialiasikan tentang ekonomi krearif. Yang menjadi kendala dalam pengembangan industri kreatif tidak luput dari kurangnya target market dan edukasi tentang industri kreatif di pekanbaru. Dan hal ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri untuk pelaku industri kreatif di Pekanbaru untuk dapat memberikan wadah dan mengembangkan potensi yang ada. “Pemainnya itu itu aja. Tiap kita buat expo orangnya itu lagi itu lagi. Jadi menurut aku emang pr banget sih, banyak yang harus dikembangin,” ungkap Shiella.

Shiella juga berpendapat, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak anak muda pelaku industri kreatif harus dilakukannya sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat terkhususnya mahasiswa tentang apa industri kreatif tersebut. “semua itu harus kerja sama. Dari sistem pendidikannya, support pemerintah, edukasi ke market dan juga harus ada yang membimbing anak anak muda ini. Dan semua itu berkesinambungan jadi satu ekosistem” jelas Shiella. Untuk itu, Shiella berharap dengan hadirnya meetup mampu untuk menjaga ekosistem tersebut.

Shiella Priscilla

Sumber : Be Magazine