Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

4th Anniversary Coworking Indonesia

Coworking Indonesia (CID) merayakan ulang tahun ke 4 dengan mengadakan event spesial yaitu webinar pada tanggal 18 Agustus 2020 dengan mengangkat tema “Bergerak, Menjejak”. Yang menarik dari webinar ini adalah sesi 5x5 Belajar Dari Kota Lain,  yang membagikan pengalaman unik dari masing-masing komunitas dan coworking space di 5 kota di Indonesia, yaitu Medan, Pontianak, Manado, Lombok, dan Serui.

“HUT ke-4 Perkumpulan Coworking Indonesia mengangkat tema Bergerak, Menjejak, simbol pengukuhan pelaku coworking sebagai penggerak ekosistem terutama di bidang kewirausahaan, inovasi, UMKM, ekonomi kreatif dan digital. Pandemi ini semakin mendorong nilai-nilai coworking selain sebagai tempat bekerja semata, juga kebiasaan baru yang terbentuk selama pandemi sangatlah sejalan dengan cara kerja coworking” ujar Faye Alund, Presiden Coworking Indonesia, yang membuka webinar Ulang Tahun Coworking Indonesia ke-4.  Turut hadir pula sebagai pembicara utama,  Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf RI, Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H., dan Direktur Hubungan Antar Lembaga Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kartika Candra Negara.

Sesuai dengan tema “Bergerak, Menjejak”, webinar ini memiliki dua sesi panel dengan topik pembahasan Gerak Coworking Space di panel pertama, dengan panelis Felencia Hutabarat (Sekjen CID), Camelia Harahap (Head of Arts and Creative Industries at British Council Indonesia) dan Andina Paramitha (Kepala Divisi Marketing Communication CID) sebagai moderator. Di sesi kedua membahas mengenai Jejak Coworking Space, yang dibawakan oleh Gatot Hendraputra (Kepala Divisi Program CID), Wibowo Muljono (Presiden Direktur PT Astra Land Indonesia), Eka Prawira (Future Initiatives - SMESCO Indonesia) dan dimoderatori oleh Arseto Pinontoan (Kepala Kurikulum Divisi Program CID)

Sebagaimana dirasakan, memasuki tahun 2020, coworking space seperti bisnis lainnya menghadapi tantangan Pandemi Covid-19. Maka juga dalam semangat HUT RI yang ke-75, sebagai sebuah asosiasi coworking terbesar di Indonesia, CID mengajak para pemimpin ruang kreatif, penggerak ekonomi kreatif, perusahaan teknologi, dan komunitas startup, melihat tantangan di era ini sebagai peluang yang tepat untuk bergerak aktif dalam membantu Indonesia maju, melalui inovasi-inovasi yang akan menambah pengetahuan dan memperkuat keahlian dalam suatu ekosistem startup dan industri kreatif.

Tujuan diadakannya webinar ini, selain dalam rangka ulang tahun Coworking Indonesia yang ke 4 sekaligus memperkenalkan asosiasi Coworking Indonesia kepada para penggerak ruang kreatif dan semua yang menjadi bagian dalam industri ekonomi kreatif Indonesia. Webinar ini diharapkan dapat menjadi ruang terbuka untuk berkolaborasi dan berbagi ilmu serta solusi bagi coworking space, sebagaimana juga dengan gerak dan jejak Coworking Indonesia di masa pandemi.  (*)